ANALISIS BIAYA TRANSAKSI PADA KEGIATAN SEHARI – HARI



            Pada analisa salah satu kegiatan sehari – hari kali ini saya mengacu pada bagan dibawah. Bahwa ketika kita mampu memenuhi aspek – aspek yang ada didalam tabel tersebut maka diasumsikan kita mampu melakukan efisiensi atau meminimalisasi biaya transaksi. Berikut bagannya.

Sumber: Diolah berdasarkan konseptualisasi Beckmann, 2004
            Kegiatan yang akan saya analisis yaitu kegiatan saya pada hari Selasa, 3 September 2019 yaitu mengenai perbandingan biaya transaksi mencuci motor di Kota Malang dan di Kota Batu serta alasan saya memilih salah satu dari keduanya. Berikut merupakan hasil analisa yang saya lakukan.
A.  Cuci Motor di Salah Satu Tempat di Kota Malang
·      Atribut Perilaku dari Pelaku
1.    Rasionalitas Terbatas
Ketika saya meminta request “sepeda motor saya tinggal dan akan saya ambil jam 3 sore” serta jok sepeda motor saya untuk tidak dilakukan silicon juga (karena dapat mengaikbatkan jok licin), pencuci motor dapat menangkap informasi tersebut dengan sempurna sehingga tidak terjadi human error dan saya merasa puas.
2.    Oportunisme
Meskipun saya baru pertama kali mencuci motor disana, saya tidak dikelabuhi mengenai ongkos cuci motor yaitu sebesar Rp. 12 ribu. Sebelumnya saya telah bertanya pada teman saya yang sering mencuci disana mengenai biaya dan ternyata sama sehingga saya menyimpulkan bahwa tidak ada perilaku oprtunisme dari pencuci.
·      Kelembagaan Lingkungan
Fokus saya pada topik ini adalah mengenai kontrak kesepakatan, saya dan pencuci motor hanya melakukan kontrak melalui lisan. Pencuci memberikan kita informasi mengenai antrian, apabila kita setuju/cocok maka kita hanya tinggal menaruh sepeda motor dan diakhir kita membayar biaya yang telah ditetapkan.
·      Atribut Transaksi
Fokus saya ada membahas pada aspek frekuensi transaksi, transaksi yang terjadi di tempat cucian motor tersebut cukup banyak/sering sehingga menandakan bahwa tempat tersebut telah dipercaya oleh banyak konsumen.
·      Struktur Tata Kelola
Topik pembahasan saya pada bagian ini berfokus pada pasar, bahwa pasar yang terjadi di sepanjang jalan tersebut terjadi sebuah pasar persaingan antar usaha cuci motor sehingga konsumen dapat dengan bebas untuk memlih dan mencoba tiap – tiap usaha cuci motor tersebut.
B.   Cuci Motor di Salah Satu Tempat di Kota Batu
·      Atribut Perilaku dari Pelaku
1.    Rasionalitas Terbatas
Ketika saya meminta request “sepeda motor saya tinggal dan akan saya ambil jam 11 siang” serta jok sepeda motor saya untuk tidak dilakukan silicon juga (karena dapat mengaikbatkan jok licin), pencuci motor dapat tidak sempurna dalam menangkap informasi tersebut sehingga terjadi human error dimana jok-nya diberi cairan silicon sehingga menjadi licin dan saya merasa kurang puas.
2.    Oportunisme
Saya baru pertama kali mencuci motor disana, saya merasa dikelabuhi mengenai ongkos cuci motor yaitu sebesar Rp. 15 ribu. Karena saya ada beberapa tempat cuci motor yang ada di Kota Batu yang rata – rata mematok ongkos sebesar Rp. 10 ribu selain itu hasil cuci dari salah satu tempat ini juga tidak terlalu bersih sehingga saya berkesimpulan bahwa pencuci melakukan perilaku oportunistik.
·      Kelembagaan Lingkungan
Fokus saya pada topik ini adalah mengenai kontrak kesepakatan, saya dan pencuci motor hanya melakukan kontrak melalui lisan. Pencuci memberikan kita informasi mengenai antrian, apabila kita setuju/cocok maka kita hanya tinggal menaruh sepeda motor dan diakhir kita membayar biaya yang telah ditetapkan.
·      Atribut Transaksi
Fokus saya ada membahas pada aspek frekuensi transaksi, transaksi yang terjadi di tempat cucian motor tersebut cukup sedikit/jarang sehingga dapat menjadi indikasi bahwa tempat tersebut kurang memiliki konsumen karena hasilnya yang kurang memuaskan.
·      Struktur Tata Kelola
Topik pembahasan saya pada bagian ini berfokus pada pasar, bahwa pasar yang terjadi di sepanjang jalan tersebut menjadi pasar monopoli karena tidak ada usaha cuci motor lain sehingga rentan dengan kecurangan serta dapat merugikan konsumen karena tidak ada pilihan lain cuci motor di daerah pemukiman tersebut.






Comments

Popular posts from this blog

PESAN DAN KESAN SELAMA MENGIKUTI PEMBELAJARAN EKONOMI KELEMBAGAAN

TEORI EKONOMI BIAYA TRANSAKSI

TEORI HAK KEPEMILIKAN